Senin, 12 November 2012



SUBBAB 3
KONSUMEN ADALAH RAJA


Sebuah bisnis sangat tergantung dengan konsumen. Namun demikian, para pelaku bisnis juga harus menyadari bahwa umumnya konsumen tidak peduli dan tidak mau tahu dengan masalah sehari-hari yang dialami oleh pelaku bisnis karena yang ada di pikiran konsumen adalah apa yang meraka butuhkan harus terpenuhi tanpa mau tahu bagaiman sulitnya memenuhi semua keinginan konsumen tersebut. Atas dasar itulah kemudian muncul stigma di masyarakat bahwa konsumen adalah raja.

Sudahkah budaya ”konsumen adalah raja” terjadi di negara kita ? P.engertian Raja dalam arti ini diberi pelayanan yang baik, service yang baik, yang lebih penting lagi membeli barang yang benar-benar sesuai kualitas dengan garansi yang layak. Melayani dengan baik, pada umumnya di jumpai tidak lebih dari kemampuan pelayan dalam berkomunikasi, memikat pembeli untuk tertarik dan kemudian membeli produk tersebut. Untuk memenuhi syarat ini biasaya pemilik akan menyeleksi karyawan-karyawan yang unggul dalam komunikasi, dengan dipicu dengan berbagai komisi. Misalnya penjualan melebihi target, akan diberi bonus tambahan. Cara ini efektif memajukan strategi penjualan, jika mengejar target dengan bujukan yang berlebihan dalam mengenalkan produk, cara ini akan merugikan pembeli.

Berikut ini adalah hak yang sering dilanggar pelaku bisnis:
  1. Hak atas kenyamanan
  2. Hak untuk memilih
  3. Hak atas informasi
  4. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya
  5. Hak untuk mendapat pendidikan
  6. Hak untuk tidak diperlakukan secara diskriminatif
  7. Hak untuk mendapatkan ganti rugi
  8. Hak yang diatur dalam perundang-undangan lainnya

REFERENSI:
http://www.artikelekonomi.net/2012/perkembangan-gerakan-konsumen-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar