Materi pembelajaran dapat ditulis sebagai bahan ajar agar mudah
diingat. Dalam menulis banyak teknik yang dapat digunakan. Diantaranya :
1. Teknik menulis biasa
(dalam bentuk narasi)
2. Teknik penulisan dengan charta
3. Teknik penulisan dengan
bagan
4. Teknik penulisan dengan
peta konsep
5. Mind Mapping
Kelima teknik menulis ini mempunyai tujuan agar si pembaca mengerti
isi bacaan yang dibacanya. Dalam artikel ini saya akan membahas teknik
penulisan mind mapping.
Mind mapping adalah suatu teknik mencatat yang mengembangkan gaya belajar
visual. Memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam
diri seseorang. Dengan adanya keterlibatan kedua belahan otak maka akan
memudahkan seseorang mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik
secara tertulis maupun secara .Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk dan
sebagainya memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima. Keutamaan
metode ini adalah :
1. Tema utama terdefinisi secara
jelas dikarenakan dinyatakan di tengah;
2. Level keutamaan informasi terdefinisi secara lebih baik. Informasi
yang memiliki kadar kepentingan lebih dekat di letakkan dengan tema utama;
3. Hubungan masing - masing informasi secara jelas dapat dikenali
4. Lebih mudah dipahami dan diingat;
5. Informasi baru setelahnya dapat digabungkan tanpa merusak
keseluruhan struktur mind mapping, sehingga mempermudah proses pengingatan;
6. Masing - masing mind mapping sangat unik, sehingga mempermudah
proses pengingatan
7. Mempercepat proses pencatatan karena hanya dengan menggunakan kata
kunci.
Mind mapping bertujuan membuat materi pelajaran terpola secara
visual dan grafis yang akhirnya dapat membantu merekam, memperkuat dan
mengingat kembali informasi yang telah dipelajari. Berikut ini disajikan
perbedaan antara mind mapping dan catatan tradisional.
Tabel 1. Perbedaan catatan biasa dan mind mapping
Catatan biasa | Mind mapping |
Hanya berupa tulisan saja | Berupa tulisan, symbol dan gamba |
Hanya dalam satu warna | Berwarna - warni |
Untuk mereview ulang memerlukan waktu yang lama | Untuk mereview ulang diperlukan waktu yang pendek |
Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih lama | Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih cepat dan efektif |
statis | Membuat individu menjadi lebih kreatif |
Sumber :
Amudiono.2010.”Mind Mapping dalam Penyusunan Materi Pembelajaran”
http://www.psb-psma.org/content/artikel/2759-mind-mapping-dalam-penyusunan-materi-pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar