Rabu, 07 Maret 2012

Aliran Dana Bank

BANK
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

i1 Deposit
Dana yang berasal dari Nasabah berupa Deposit.
Terdapat 3 jenis Deposit, yaitu :
1. Saving Deposit (Tabungan)
Tabungan adalah simpanan dalam bentuk rupiah maupun valuta asing pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu dari masing-masing bank penerbit.

2. Demand Deposit (Giro)
Giro adalah simpanan masyarakat baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing pada bank yang dalam transaksinya (penarikan dan penyetoran) dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, kartu ATM, sarana perintah bayar yang lainnya atau dengan cara pemindah bukuan.

3. Time Deposit (Deposito Berjangka)
Deposito berjangka adalah simpanan dalam bentuk rupiah maupun valuta asing, yang diterbitkan atas nama nasabah kepada bank dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpan dengan bank yang bersangkutan.

Ketiganya merupakan i1 (Transfer of Risk)

i2 Lown/Kredit
Lown/Kredit, adalah masyarakat yang meminjam dana dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya.
i3 Capital Market (Pasar Modal).
Pasar modal adalah lembaga keuangan yang mempunyai kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek (surat berharga).
Terdapat 2 jenis Capital Market, yaitu :
1. Obligasi
Obligasi merupakan surat utang jangka menengah-panjang yang dapat dipindah tangankan yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

2. Stock (Saham)
Saham secara umum merupakan surat berharga yang dapat dibeli atau dijual oleh perorangan atau lembaga di pasar tempat surat tersebut diperjualbelikan.
a. Deviden
Deviden adalah pembagian kepada pemegang saham dari suatu perusahaan secara proporsional sesuai dengan jumlah saham yang dipegang oleh masing-masing pemilik. Pendistribusian Deviden bisa Pertahun maupun Periode.
b. Capital Gain
Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh pemegang saham, ketika menjual sahamnya atau selisih antara harga jual dengan harga beli.

TL = i2- i1
(Interest Spread)

i2 > i1 [Transfer of Risk]
i3 > i1 [Pasar Modal Investor]
i3 < i1 [Bank]

i4 Leasing
Leasing atau sewa-guna-usaha adalah setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu, berdasarkan pembayaran-pembayaran secara berkala disertai dengan hak pilih bagi perusahaan tersebut untuk membeli barang-barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jangka waktu leasing berdasarkan nilai sisa uang yang telah disepakati bersama.

Hubungan antara Bank & Penerima Lown/Kredit
Hubungan antara Bank dan penerima Lown/Kredit, pihak Bank bekerjasama dengan pihak Asuransi. Dalam rangka mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi dan tujuan melindungi masyarakat dan pihak bank itu sendiri dari masalah yang dapat menyebabkan kerugian. Dengan cara membayarkan Premi dan Uang Pertanggungan setiap bulannya.
Dalam Financial World Flow, pihak Asuransi yang bekerjasama dengan pihak Bank dapat mengasuransikan kembali (Reasuransi) dirinya kepada pihak Asuransi lain. Misal, Asuransi XYZ mereasuransikan dirinya kepada pihak Asuransi ABC.
Bahkan pihak yang menerima Reasuransi pun dapat mengasuransikan dirinya juga (Retrocessi) kepada pihak Asuransi lainnya. Misal, Misal, Asuransi XYZ mereasuransikan dirinya kepada pihak Asuransi ABC, kemudian pihak Asuransi ABC meretrocessikan dirinya kepada pihak KLM.
Pihak yang meretrocessi biasanya menerbitkan saham dan mengikuti penawaran dan perdagangan efek untuk menambah aliran dananya.

Rima Rahmawaty
16209749
3EA15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar